Profil Negara Portugal | Warnet Bmc

Thursday 15 January 2015

Profil Negara Portugal

Profil tentang Negara Portugal

BMC.NET
Portugal adalah negara maju dan termasuk dalam anggota negara Uni Eropa, bergabung pada tahun 1986.
Selama abad kelima belas dan keenam belas, Portugis adalah pelopor dalam eksplorasi lepas pantai, mendirikan kerajaan kolonial pertama dari lingkup global, dengan harta benda di Afrika, Asia dan Amerika Selatan, menjadi kekuatan dunia ekonomi, politik dan militer. Pada 1580, setelah krisis suksesi, disatukan dengan Spanyol dalam panggilan Uni Iberia yang akan berlangsung hingga 1640. Setelah Perang Pemulihan itu dikembalikan ke kemerdekaan di bawah dinasti baru Braganza, dengan pemisahan dari dua mahkota dan kerajaan. Gempa bumi 1755 di Lisbon, invasi Spanyol dan Perancis, hilangnya harta terbesar teritorial luar negeri, Brazil, diikuti oleh perang sipil, mengakibatkan pemotongan stabilitas politik dan ekonomi, mengurangi status Portugal sebagai kekuatan global dalam abad kesembilan belas.
Setelah jatuhnya monarki pada tahun 1910 diproklamasikan sebuah republik dengan memulai sistem pemerintahan saat ini. Republik Pertama tidak stabil diikuti oleh kediktatoran dengan nama Negara Baru. Dalam paruh kedua abad kedua puluh, setelah perang kolonial Portugis dan kudeta Revolusi Anyelir tahun 1974, kediktatoran itu digulingkan dan mendirikan demokrasi parlementer, dengan semua wilayah untuk memperoleh kemerdekaannya, terutama Angola dan Mozambik di Afrika, wilayah luar negeri terakhir, Macau, diserahkan ke Cina pada tahun 1999.
Portugal adalah sebuah negara maju, ekonomi makmur, sosial dan politik yang stabil dan dengan Indeks Pembangunan Manusia sangat tinggi. Apakah di antara 20 negara dengan kualitas terbaik hidup sementara yang PDB per kapita yang terendah di antara negara-negara Eropa Barat. Dia adalah anggota PBB dan Uni Eropa (pada saat aksesi pada tahun 1986, MEE), dan anggota pendiri NATO, OECD, zona euro (Uni Eropa) dan CPLP. Berpartisipasi dalam berbagai misi penjaga perdamaian PBB. Portugal juga merupakan negara anggota wilayah Schengen. 

  • Sejarah

Suku Celtic awal, Lusitanians, diyakini telah menjadi penduduk pertama dari Portugal. Kekaisaran Romawi menaklukkan wilayah di sekitar 140 SM Menjelang akhir Kekaisaran Romawi, Visigoth menyerbu seluruh Semenanjung Iberia.
Portugal memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol Moor pada tahun 1143. Raja John I (1385-1433) bersatu negaranya dengan mengorbankan Castilians dan Moor dari Maroko. Perluasan Portugal cemerlang dikoordinasikan oleh putra John, Pangeran Henry the Navigator. Pada 1488, Bartolomeu Dias mencapai Tanjung Harapan, membuktikan bahwa Asia dapat diakses melalui laut. Pada 1498, Vasco da Gama mencapai pantai barat India. Pada pertengahan abad ke-16, kerajaan Portugis diperluas ke Barat dan Afrika Timur, Brazil, Persia, Indochina, dan Semenanjung Malaya.
Pada 1581, Philip II dari Spanyol menyerbu Portugal dan menahannya selama 60 tahun, menyebabkan penurunan bencana dalam bahasa Portugis commerce. Berani dan penjelajah lihai, Portugis terbukti menjadi penjajah tidak efisien dan korup. Pada saat monarki Portugis dipulihkan pada 1640, Belanda, Inggris, Perancis dan pesaing mulai merebut pangsa terbesar dari koloni dunia dan perdagangan. Portugal ditahan Angola dan Mozambik di Afrika, dan Brasil ( sampai 1822 ).
  • Politik

Portugal adalah negara republik dengan Lisbon sebagai ibukota negara. Empat komponen utama dalam pemerintahan Portugal adalah: Presiden sebagai kepala negara, Parlemen, Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan dan mahkamah tinggi. Konstitusi membagi kekuasaan tersebut menjadi eksekutif, legislatif dan yudikatif. Presiden dipilih setiap lima tahun sekali, sementara Perdana Menteri dipilih langsung oleh presiden dan umumnya merupakan pemimpin dari partai pemenang pemilu. Lembaga legislatif terdiri atas 230 orang deputi yang akan menjabat selama 4 tahun. Sementara mahkamah terdiri dari yudisial, administratif dan fiskal.
  • Penduduk
Orang Portugal adalah campuran dari banyak bangsa berbeda yang menduduki Semenanjung Iberia. Bangsa-bangsa itu antara lain Iberia kuno, Celtic, Fenisia, Yunani, Carthage, Roma, suku-suku Jermanik, dan Moor dari Afrika Utara. Dari segi penampilan, sebagian orang Portugal saat ini tinggi sedang dengan rambut dan mata gelap. Beberapa di antaranya, khususnya di utara, memiliki rambut pirang dan mata biru warisan nenek moyang Jerman mereka.
  • Bahasa dan Agama

Bahasa Portugal dan Mirandese adalah bahasa resmi Portugal. Bahasa Portugal termasuk ke dalam kelompok bahasa Romance, seperti halnya bahasa Spanyol, Italia, dan Perancis. Bahasa ini erat kaitannya dengan dialek Galician utara Spanyol. Mirandese adalah bahasa Romance yang diucapkan di bagian timur laut Portugal. Dalam hal agama, orang Portugal sebagian besar memeluk Katolik Roma.
  • Pendidikan

Undang-undang mewajibkan pendidikan dasar sembilan tahun untuk anak-anak yang berusia antara 6 dan 15 tahun. Sekolah menengah, yang tidak diwajibkan oleh undang-undang, berlangsung selama tiga tahun. Di tahun terakhir, siswa mengambil kursus untuk mempersiapkan diri memasuki universitas atau pelatihan kejuruan. Universitas tertua Portugal, University of Coimbra, didirikan pada tahun 1290.
  • Cara Hidup

Beberapa aspek kehidupan Portugal bervariasi dari daerah ke daerah. Tapi ada banyak kesamaan di seluruh negeri. Portugal memiliki sejumlah kota yang cukup besar dan tumbuh dengan cepat. Namun, sebagian besar orang tinggal di daerah pedesaan atau kota-kota kecil dan desa. Di sana, kehidupan biasanya mengikuti pola yang cair. Kebanyakan orang Portugal di pedesaan adalah petani. Lainnya mencari nafkah dengan mencari ikan.
Di banyak kota kecil dan desa, momen terbaik di setiap tahun adalah festival keagamaan dan ziarah. Sepakbola adalah olahraga favorit. Di kota-kota besar, adu banteng juga merupakan daya tarik utama. Tapi di Portugal, seperti Spanyol, banteng tidak dibunuh. Menari dan menyanyikan lagu rakyat adalah hiburan populer. Fado adalah jenis lagu tradisional Portugal. Melodinya yang sedih dan ‘menghantui’ sering terdengar di kafe-kafe.
  • Bentang Alam

Portugal terdiri atas Meseta, pegunungan pedalaman Portugal, dan dataran pantai di barat yang melebar dari utara ke selatan.
Sungai-sungai
Portugal berbagi Semenanjung Iberia dengan tetangganya yang jauh lebih besar, Spanyol. Beberapa sungai besar bermula di dataran tinggi Spanyol dan mengalir ke arah barat melalui Portugal hingga ke laut. Sungai terbesar dan terpenting adalah Douro, di utara, dan sungai Tagus. Sungai Tagus mengalir diagonal membelah wilayah tengah negara.
Sungai Tagus membagi Portugal menjadi dua bagian yang sangat berbeda. Di sebelah utara negara ini adalah pegunungan. Pegunungan utama adalah Serra da Estrela. Puncak tertingginya, Malhão da Estrela, mencapai ketinggian 1.991 meter. Di selatan sungai ini datarannya terdiri terutama atas hamparan dataran dan dataran tinggi. Sebagian besar orang tinggal di wilayah utara Tagus. Wilayah pesisir dan lembah Sungai Douro adalah daerah yang paling padat penduduknya.
  • Iklim

Portugal utara memiliki iklim yang umumnya lebih dingin dari selatan, dengan curah hujan lebih besar. Sekitar 1.500 mm hujan turun di pegunungan utara setiap tahun. Hal ini kontras dengan sekitar 500 milimeter hujan yang turun di selatan. Suhu ringan di sebagian besar wilayah Portugal selama musim dingin. Pengecualian adalah di pegunungan pedalaman utara, di mana suhu dingin dan bersalju. Musim panas terasa hangat di lembah utara dan distrik pesisir, dan panas di dataran kering selatan.
  • Sumber Daya Alam

Portugal memiliki keterbatasan sumber daya alam. Tanahnya kebanyakan tidak subur, kecuali di lembah-lembah sungai yang lebih besar. Sebagian besar tanah hanya cocok untuk merumput hewan ternak. Hutan menutupi hampir sepertiga dari wilayah Portugal. Dari berbagai varietas pohon yang ditemukan, cork ek adalah yang paling berharga. Bijih besi, tembaga, seng, timah, dan wolframite (sumber tungsten) adalah mineral yang paling penting. Perairan pesisir kaya akan berbagai ikan. Sungai-sungai deras dari utara merupakan sumber penting bagi pembangkit listrik tenaga air.
Madeira dan Azores
Madeira dan Azores merupakan daerah pemerintahan sendiri dari Portugal. Masing-masing memiliki badan legislatif terpilih sendiri. Kepulauan Madeira mencakup lahan seluas sekitar 790 kilometer persegi. Wilayah ini terletak di Samudra Atlantik di lepas pantai barat laut Afrika. Madeira adalah pulau terbesar dari kelompok ini. Madeira juga merupakan sebuah resor populer yang terkenal karena tanaman semi tropik yang subur dan iklimnya yang nyaman. Produknya yang paling terkenal adalah anggur Madeira.
Azores adalah rantai sembilan pulau kecil di Samudera Atlantik. Letaknya sekitar 1.600 kilometer di barat Lisbon, ibukota Portugal. Areanya mencakup luas sekitar 2.305 kilometer persegi. Selama berabad-abad, pulau-pulau ini berfungsi sebagai tempat perhentian kapal dan pesawat terbang yang menyeberangi Atlantik. Pertanian dan perikanan adalah kegiatan ekonomi yang paling penting.
  • Ekonomi

Pertanian dan perikanan telah lama menjadi andalan ekonomi Portugal. Portugal lalu bergabung dengan Komunitas Eropa (sekarang Uni Eropa) pada tahun 1986 dan ini membantu ekonominya menjadi lebih modern dan beragam. Pertanian, perikanan, dan kehutanan sekarang mempekerjakan hanya sekitar 10 persen dari angkatan kerja nasional. Manufaktur, pertambangan, dan konstruksi mempekerjakan sekitar 30 persen.
  • Jasa

Lebih dari 60 persen pekerja Portugal aktif dalam industri jasa, seperti pariwisata. Wisata secara tradisional menjadi sumber pendapatan penting.
Manufaktur
Tekstil dan alas kaki adalah komoditas utama yang diproduksi. Barang-barang manufaktur lainnya meliputi hasil hutan (bubur kayu, kertas, gabus), penyulingan minyak, bahan kimia, ikan kalengan, dan anggur. Lisbon dan Porto adalah kota manufaktur besar.
  • Pertanian

Pertanian mempekerjakan sejumlah kecil pekerja Portugal, tapi tetap menjadi kegiatan ekonomi yang vital. Gandum ditanam secara luas pada perkebunan besar di dataran selatan yang lebih kering. Padi tumbuh subur di dataran rendah utara yang lembab. Anggur, jagung, zaitun, kentang, dan tomat adalah tanaman utama lainnya. Ternak utama adalah sapi, merumput terutama di utara, dan domba, babi, dan kambing, diternak terutama di selatan.
  • Perikanan dan Kehutanan

Perairan lepas pantai Portugal merupakan sumber sarden, salah satu ekspor utama. Kapal ikan yang besar melakukan perjalanan ke Grand Banks di Newfoundland untuk menangkap cod dan ikan lainnya. Hutan Portugal memproduksi sekitar setengah pasokan gabus dunia. Hasil hutan lainnya meliputi resin dan terpentin, yang juga merupakan ekspor penting. Kertas, pulp kayu, dan kayu juga diproduksi.
Pertambangan
Portugal memiliki sumber daya mineral, namun beberapa darinya sulit untuk ditambang. Yang paling penting adalah tambang wolframite, besi, tembaga.
  • Energi

Portugal tergantung pada impor minyak bumi dan gas alam untuk memasok sebagian besar listriknya. Bagian lain datang dari tenaga air. Negara ini memiliki jaringan bendungan yang menghasilkan listrik serta menyediakan air untuk irigasi. Yang paling terkenal dari bendungan ini Castelo do Bode, Belver, dan Idanha di Sungai Tagus dan anak-anak sungainya.
  • Perdagangan

Mitra dagang Portugal terutama adalah anggota-anggota Uni Eropa lain. Impor utamanya adalah mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, minyak bumi, tekstil, dan produk pertanian. Portugal mengekspor pakaian dan alas kaki, mesin, bahan kimia, gabus dan produk kertas, serta kulit.
  • Transportasi

Portugal memiliki beberapa jalur kereta api dan bandara internasional di kota-kota Lisbon, Porto, dan Faro. Pelabuhan utama adalah Lisbon, Setúbal, dan Leixões (pelabuhan Porto).
  • Komunikasi

Portugal memiliki sistem telepon modern dengan kemampuan broadband dan kecepatan tinggi. Negara ini memiliki banyak stasiun radio dan televisi serta lebih dari 5 juta pengguna internet.
  • Kota-kota Besar

Lisbon adalah ibukota Portugal. Lisbon juga menjadi kota terbesar, pelabuhan utama, dan pusat komersial Portigal. Kota ini dibangun di atas serangkaian bukit yang naik dari Sungai Tagus, di dekat tempat mengalirnya sungai ini ke Samudera Atlantik.
Porto (atau Oporto) adalah kota terbesar kedua Portugal. Seperti Lisbon, Porto adalah kota perbukitan yang terletak di bagian utara negara itu, di Sungai Douro. Kota ini menempati situs sebuah pelabuhan kuno yang dikenal sebagai Portus Cale, yang membentuk nama Portugal. Ekspor yang paling terkenal adalah anggur pelabuhan, tetapi juga memproduksi tekstil dan pakaian.
Braga, Coimbra, dan Setúbal adalah kota-kota lain yang juga penting. Braga adalah kota paling utara dari kota-kota besar Portugal. Kota ini adalah pusat agama yang bersejarah. Coimbra terkenal dengan universitas kunonya. Setúbal terletak di selatan Lisbon. Kota ini adalah pelabuhan perikanan serta pusat pembuatan kapal.

  • Pemerintah

Portugal adalah sebuah republik yang diatur dalam konstitusi yang diadopsi pada tahun 1976 dan direvisi beberapa kali sejak itu. Kepala negara adalah presiden, dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintah. Legislatif adalah Majelis Republik. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Di samping itu ada sebuah badan penasehat, Dewan Negara, yang dipimpin oleh presiden. Peradilan Portugal terdiri atas Mahkamah Agung, yang hakimnya diangkat seumur hidup, dan berbagai pengadilan lainnya.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan benar di sini sesuai tema yang di tulis

 
Copyright © . Warnet Bmc - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger