makalah bioteknologi | Warnet Bmc

Saturday 24 January 2015

makalah bioteknologi

Makalah Tentang Bioteknologi

bioteknologi

 Assalamu alikum salam jumpa

 LATAR BELAKANG

Apa sobat pernah makan  tempe, roti, atau keju, bukan? Bagaimana dengan yoghurt, apakah sobat pernah memakanya juga? jawaban pasti  ''ya lah'', minimal satu diantara makanan tadi pernah sobat memakannya nah sobat tahu gak bahwa sobat telah  menggunakan beberapa produk hasil bioteknologi.nah di dalam makalah ini saya akan membahas tentang bioteknologi secara detail.yang dengan harapan dengan di tulisnya makalah ini kita dafat memahami tentang bioteknologi setidaknya Makalah ini dapat anda gunakan untuk tugas sekolah sehingga anda gak perlu repot – repot menyusun Makalah Bioteknologi ini karena makalah ini telah cukup lengkap dalam penyusunan nya walau harus di akui dalam segi materi mungkin masih kurang , kembali pada pokok pembahasan utama
 Bioteknologi menggunakan makhluk hidup, pada umumnya berupa mikroorganisme (bakteri dan jamur), untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Walaupun terdengar sebagai sesuatu yang sangat baru karena memakai istilah yang modern yaitu bioteknologi , sebenarnya bioteknologi sudah digunakan dalam berbagai proses dalam pembuatan makanan pada zaman dahulu. Misalnya, penggunaan ragi untuk mengembangkan dan membuat adonan roti serta pembuatan keju dan minuman beralkohol adalah merupakan salah satu contoh penerapan bioteknologi. Akan tetapi, bioteknologi yang digunakan memang masih bioteknologi sederhana atau konvensional. Di era sekarang Bioteknologi terus berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Istilah bioteknologi modern pun muncul sebagai respons dari cepatnya perkembangan bioteknologi itu sendiri. Kloning dan tanaman transgenik merupakan contoh produk bioteknologi modern. Bioteknologi tercipta karena dorongan kebutuhan manusia yang semakin meningkat jumlahnya . Berbagai usaha telah dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar terpenuhi. Hal ini tidak hanya terjadi pada bidang pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan saja, tetapi juga dalam bidang-bidang lainnya.

A.  Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sebenarnya dasar-dasar bioteknologi?
  2. Bagaimana perkembangan bioteknologidi jaman sekarang?
  3. Apa saja peranan bioteknologi dalam kehidupan kita?

BAB II

PEMBAHASAN


A.  Dasar-dasar Bioteknologi

1.   Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi dari asal katanya sendiri, yaitu bio artinya hidup atau organisme hidup dan kata teknologi artinya suatu cara atau teknik. Kata bioteknologi mulai muncul pada tahun 1917 dari seorang ilmuan asal Hungaria yang bernama Karl Ereky untuk menjelaskan penggunaan gula bit hasil fermentasi sebagai pakan ternak babi. Pemberian gula bit dapat meningkatkan produksi ternak babi. Cara ini, disebut bioteknologi karena menggunakan gula bit dari hasil fermentasi. Namun pada saat itu, kebanyakan orang belum tertarik untuk memahami istilah bioteknologi. (Fahruddin, 2010: Hal 13)
Namun Baru pada tahun 1961 Carl Goran Heden ahli mikrobiologi menerbitkan jurnal ilmiah Biotechnology and Bioengineering, dan banyak mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dalam jurnal tersebut yaitu mengenai pemenfaatan jazad hidup dalam mengahasilkan berbagai bahan untuk kebutuhan manusia, kemudian muncul definisi bioteknologi yang diartikan sebagai pemanfaatan jazad hidup dalam industri untuk menghasilkan barang dan jasa. (Bioteknologi Lingkungan Fahruddin, 2010: Hal 13)
Pada prinsipnya definisi tentang bioteknologi pada umumnya mengkaitkan pada kegiatan mikroba, sistem dan proses biologi, dengan produksi barang dan jasa atau yang mengkaitkan aktivitas biologis dengan proses tehnik dan produksi dalam industri. Untuk lebih ringkasnya bioteknologi adalah ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, dan rekayasa genetika untuk menghasilkan produk dan jasa. Organisme yang digunakan dalam bioteknologi paling sering adalah mikroba seperti bakteri, kapang dan yeast (ragi). (Fahruddin, 2010: Hal 13)

2. Jenis-jenis Bioteknologi

Bioteknologi di bagi menjadi dua macam yaitu  bioteknologi konvesional/ tradisional dan bioteknologi modern

a.  Bioteknologi Tradisional dan Konvesional

Aplikasi bioteknologi secara tradisonil, yaitu bioteknologi yang belum mengenal adanya istilah genetika dan kloning. Bioteknologi ini seperti yang telah dicontohkan di atas, adalah berupa pemanfaatan mikroba dalam fermentasi, seleksi atau persilangan tradisional dibidang pertanian dan peternakan untuk mencari bibit unggul. Selain pemanfaatan mikroba dengan menghasilkan produk, bioteknologi tradisinal juga termasuk dalam tehnik seleksi di bidang pertanian dan peternakan : yaitu pemilihan sifat yang sesuai dengan keinginan manusia melalui hibridisasi dengan  tujuan memperbaiki keturunan (Fahruddin, 2010: Hal 14).
Nah bagi sobat yang membaca atau mengunduhnya langsung Makalah Bioteknologi ini silahkan klik link di bawah
mungkin sekian saja yang saya bisa tulis di postingan kali ini semoga saja makalah kalini bermanfaat bagi sobat saran dan kritiknya untuk makalah ini silahkan berkomentar di bawah sekian dan terima kasih di tunggu kunjungannya di postingan yang lain

Wassalam

KLIK DI SINI SOB

1 comments:

Silahkan berkomentar dengan benar di sini sesuai tema yang di tulis

 
Copyright © . Warnet Bmc - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger