pahlawan yang berasal dari jawa barat | Warnet Bmc

Friday 16 January 2015

pahlawan yang berasal dari jawa barat

Nama - nama Pahlawan yang berasal dari Jawa Barat

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa  profil atau biografi  dari pahlawan yang berasal dari jawa barat yang sudah terkenal seperti M Toha,dewi Sartika dan lain - lain berikut profil mereka

Profil Muhammad Toha

Profil Muhammad Toha
Muhammad Toha (1927 – 24 Maret 1946)
Tempat kelahira    : Bandung, Hindia Belanda 
(sekarang Indonesia)
Tempat kematian   : Bandung, Indonesia
Pengabdian bagi    : Republik Indonesia
Dinas/cabang     : Barisan Rakjat Indonesia
Lama berdinas    : 1945 – 1946
Pangkat   : Komandan
Kesatuan    : Milisi Penggempur
Komando      : milisi gerilya
Pertempuran/perang  : Bandung Lautan Api 
(Perang Kemerdekaan Indonesia)

Muhammad Toha atau Mohammad Toha (Bandung, 1927 – Bandung, 24 Maret 1946) adalah seorang komandan Barisan Rakjat Indonesia, sebuah kelompok milisi pejuang yang aktif dalam masa Perang Kemerdekaan Indonesia. Dia dikenal sebagai tokoh pahlawan dalam peristiwa Bandung Lautan Api di Kota Bandung, Indonesia tanggal 24 Maret 1946. Toha meninggal dalam kebakaran dalam misi penghancuran gudang amunisi milik Tentara Sekutu bersama rekannya, Ramdan, setelah meledakkan dinamit dalam gudang amunisi tersebut.
Pada tanggal 23 Maret 1946 tentara Sekutu kembali mengeluarkan ultimatum ke-2. Mereka menuntut agar semua masyarakat dan pejuang TKR mengosongkan kota Bandung bagian selatan. Perlu diketahui bahwa sejak 24 Januari 1946, TKR telah mengubah namanya menjadi TRI.Demi mempertimbangkan politik dan keselamatan rakyat, pemerintah memerintahkan TRI dan para pejuang lainnya untuk mundur dan mengevakuasi Bandung Selatan. setelah mengadakan musyawarah, para pejuang sepakat untuk menuruti perintah pemerintah. Tapi mereka tidak mau menyerahkan kota Bandung bagian selatan itu secara utuh.

Rakyat pun diungsikan ke luar kota Bandung. Para anggota TRI dengan berat hati meninggalkan Bandung bagian selatan. Sebelum ditinggalkan Bandung Selatan dibumihanguskan oleh para pejuang dan anggota TRI. Peristiwa ini di kenal dengan sebutan “Bandung Lautan Api”. Dalam rangkaian peristiwa tersebut Toha gugur dalam misinya menghancurkan gudang amunisi Tentara Sekutu. Dalam peristiwa ini juga terlahir lagu Halo, Halo Bandung yang dinyanyikan para tentara Republik dalam penantian mereka untuk kembali ke rumah mereka di Bandung.

Sementara Profil yang lainya ada di My drive untuk membukanya silahkan klik yang bertulisan my drive di bawah ini

MY DRIVE  

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan benar di sini sesuai tema yang di tulis

 
Copyright © . Warnet Bmc - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger